Gubernur Anies Baswedan Ajak Apjatel Sediakan Internet di Ruang Ketiga

  • Home
  • BERITA
  • Berita
  • Gubernur Anies Baswedan Ajak Apjatel Sediakan Internet di Ruang Ketiga

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel). Dalam kesempatan itu, Anies mengajak Apjatel berkolaborasi bersama pemerintah membangun layanan internet di ruang terbuka yang ada di Jakarta atau disebut juga ruang ketiga.

Dia ingin Apjatel mendukung program pemanfaatan layanan jaringan internet di ruang-ruang publik karena salah satu kebutuhan masyarakat Ibu Kota saat ini adalah konektivitas. Rencananya, perwakilan Pemerintah DKI Jakarta bersama perwakilan Apjatel akan memulai program itu dengan membahas rancangan regulasi pada Desember mendatang.

“Memastikan regulasi yang ada di Jakarta memungkinkan ekosistem industri jasa telekomunikasi ini bisa tumbuh dengan baik. Sekaligus membuat aturan-aturan yang sudah tidak lagi relevan dan harus direvisi yang diisesuaikan dengan zaman,” ujar Anies di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Dalam industri 4.0, kata dia, dunia industri selalu cepat membaca perubahan dan selalu memahami kebutuhan masyarakat. Dengan cepatnya perkembangan industri itu, Pemerintah DKI Jakarta akan duduk bersama melakukan perubahan regulasi agar industri dapat berkembang.

“Konektivitas yang digital kami harap bisa bertumbuh lebih besar lagi. Insya Allah pertengahan Desember kita bisa mulai kerja,” tutur mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Apjatel, M Arif Angga mengatakan, pihaknya akan menurunkan sejumlah program seperti perapihan kabel. Program-program itu menjadi cetak biru jangka panjang Apjatel agar tidak ada masalah yang timbul dalam satu atau dua tahun ke depan.

Selain itu, Apjatel akan mendorong program gubernur DKI Jakarta dalam memberikan kenyamanan dan kesetaraan dengan menciptakan ruang terbuka ketiga dengan dukungan koneksi internet. “Ruang ketiga itu bentuk dukungan juga dari penyelenggara jaringan untuk masyarakat di Jakarta. Bentuknya dalam penyediaan layanan internet bisa berupa wifi atau sejenisnya. Yang pasti di ruang-ruang publik, tapi bukan di mal,” ujarnya.

Dia berjanji segera menindaklanjuti ajakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait layanan konektivitas di ruang ketiga itu. Pihaknya juga akan mempersiapkan tim untuk sebelum pertemuan pada Desember mendatang. “Tentu kami akan follow up secepat mungkin. Tadi arahan dari gubernur Desember di minggu kedua. Minimal awal 2020 ada hasil untuk ke depannya,” kata dia.

Irfan Ma’ruf · Selasa, 26 November 2019 – 02:03 WIB

https://www.inews.id/news/megapolitan/gubernur-anies-bawedan-ajak-apjatel-sediakan-internet-di-ruang-ketiga